ADMISSION POLICY  |Kebijakan Pendaftaran

Al Jabr Islamic School enrolls students who are committed to our vision and mission.

Al Jabr Islamic School membuka pendaftaran bagi siswa yang berkomitmen dengan visi dan misi kami.

 

1.   Al Jabr Islamic School is a bilingual school of Bahasa Indonesia and English.

Al Jabr Islamic School adalah sekolah bilingual berbahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

 

2.   Al Jabr Islamic School follows the northern hemisphere academic year, with school generally running from late-July to late-June of the following year.

Al Jabr Islamic School mengikuti tahun akademik belahan bumi utara, pada umumnya sekolah dimulai dari akhir Juli sampai akhir Juni tahun berikutnya.

 

3.   To be eligible for the Pre Kindergarten (PreK)/ Primary/ Middle School/ High School, your child must be age-appropriate to join the program. Students ages 3 – 18 years old are admitted to Al Jabr Islamic School as follows:

Agar memenuhi syarat untuk Pre K/ Sekolah Dasar/ SMP/ SMA, usia anak anda harus sesuai untuk mengikuti program ini. Siswa berusia 3 – 18 tahun adalah murid Al Jabr Islamic School dengan pembagian sebagai berikut:

 

Primary Years Program (IB PYP)   : Kindergarten (K1- K2) – Grade 5

Middle Years Program (IB MYP)        : Grade 6 – Grade 10

High School                                   : Grade 11 – Grade 12                             

 

4.   Capacity per class is as listed below. There is no priority given. Candidates must meet an eligibility requirement as determined by the school through PYP observation/ MYP-High School initial assessment. No exceptions can be made.

Kapasitas per kelas ditentukan seperti di bawah ini. Tidak ada prioritas bagi siapapun. Kandidat harus memenuhi persyaratan kelayakan yang ditentukan oleh sekolah melalui observasi/ test masuk SMP-SMA. Tidak ada pengecualian dapat dibuat.

Pre K

K1 – K2

Grade 1 – 12

15

22

24

 

5.   All applications will be reviewed to determine whether the applicant (s) will be able to benefit from the learning opportunities at Al Jabr Islamic School.

Semua pendaftar akan ditinjau untuk menentukan apakah pemohon akan mendapatkan kesempatan belajar di Al Jabr Islamic School

 

6.   Siblings and/or family relations to any students are subject to the same entry criteria.

Saudara dan/atau hubungan keluarga untuk setiap siswa, diberikan perlakuan yang sama.

 

7.   There are no admissions in Grade 6 Semester 1, Grade 9 Semester 1 and Grade 10 Semester 2 due to the continuum process of National Examination and MYP Personal Project (PP).  

Tidak dibuka pendaftaran di Kelas 6 Semester 1, Kelas 9 Semester 1 dan Kelas 10 Semester 2 berkaitan dengan proses berkelanjutan Ujian Nasional dan MYP Personal Project (PP).

 

8.   The PYP observation/ MYP-High School initial assessments is made to determine the candidate’s readiness to join the Pre Kindergarten/ Primary Years Program/ Middle Years/ High School.

Observasi PYP/ test masuk SMP-SMA dibuat untuk menentukan kesiapan kandidat siswa untuk bergabung dengan    Pre K/ SD/ SMP/ SMA.

 

9.   The PYP observation/ MYP-High School initial assessments are done in the prospective classroom with approximately 2 hours or more.  There is no additional observation or request for substitute days if the candidate failed to follow the flow.

Observasi PYP/ test masuk SMP-SMA dilakukan di kelas sekitar 2 jam atau lebih. Tidak ada observasi tambahan atau permintaan untuk hari pengganti jika kandidat siswa gagal mengikuti alur observasi.

10. The PYP candidate (s) will be sat in with the residence of the class and feel the atmosphere.

Kandidat siswa akan bergabung dengan anggota kelas dan merasakan atmosfer belajarnya.

11. The specific areas that we take into consideration when assessing the eligibility of an applicant to be placed on our candidates roll are:

Area spesifik yang menjadi pertimbangan ketika menguji calon siswa adalah:

 

Pre K

Primary

Middle School/ High School

¾        Self Management skills,

¾        Social Communication skills,

¾        Gross Motor skills,

¾        Fine Motor skills,

¾        Simple Cognitive skills.  

 

¾        Social skills,

¾        Gross and Fine Motor skills,

¾        Language and Communication skills (Bahasa and English),

¾        Creativity, Cognitive, and Affective

¾        Islam.

¾      Islamic

¾      Mathematics,

¾      Science,

¾      Bahasa Indonesia

refer to Language Policy & Assessment Policy

¾      English

refer to Language Policy & Assessment Policy

 

12.    After the PYP observation/ MYP-High School initial assessment end, the result will be evaluated and averaged from the number of applicants. Only certain candidates who will be accepted per week or two weeks.

Setelah observasi PYP/ test masuk SMP-SMA berakhir, hasilnya akan dievaluasi dan rata-rata dari jumlah pelamar. Hanya beberapa kandidat yang akan diterima per minggu atau dua minggu.

 

13.    The PYP / MYP-High School acceptance letter will only be announced via school’s website/ parent’s e-mail address or home address by air mail within two weeks.

Hasil observasi PYP/ test masuk SMP-SMA hanya akan diumumkan melalui website sekolah/e-mail orang tua atau alamat rumah melalui surat dalam waktu dua minggu.

14.    Any communication that intended to alter or to object the decisions of acceptance will not be accepted.

Setiap komunikasi yang dimaksudkan untuk mengubah atau keberatan keputusan penerimaan tidak akan diterima.

 

 

15.    Transfer students from other school require taking observation/initial assessment as other candidate does.

Siswa pindahan dari sekolah lain harus mengikuti tahap observasi/ test masuk seperti kandidat siswa lainnya.

 

16.    Al Jabr Islamic School reserves the right to decide on the eligibility of a student and the decisions of acceptance made are final.

Sekolah berhak untuk menentukan kelayakan siswa dan keputusan penerimaan yang dibuat bersifat final, tidak dapat diganggu gugat.

17.    Al Jabr Islamic School is non-inclusive school. Candidates diagnosed with inclusive education and learning disabilities’ will require Admission Committee’s approval after checking the candidate’s specialized report issued by an authorized institution and/or experts. The report should indicate the difficulties/ inclusive area experienced by the candidate in order to determine whether or not the school can accommodate for specific needs.

Al Jabr Islamic School bukan sekolah inklusi. Kandidat dengan diagnosa ‘inklusi dan kesulitan belajar’ membutuhkan persetujuan dari Komite Penerimaan Siswa Baru setelah memeriksa laporan kandidat yang bersangkutan yang diterbitkan oleh lembaga dan/atau ahli. Laporan yang dimaksud menunjukan area kesulitan/ inklusi yang dimiliki kandidat sebagai dasar penentuan apakah sekolah dapat mengakomodasi atau tidak.

 

18.    Al Jabr Islamic School gives appreciation to the parents to accept the decision that school made.

Sekolah menghargai orangtua untuk menerima keputusan yang dibuat sekolah.

 

 

ADMISSION PROCEDURES  |Prosedur Pendaftaran

REGISTRATION |Pendaftaran

 

a.      An application form should be completed by the parents/ guardians.

Formulir pendaftaran harus dilengkapi oleh orangtua/ wali calon siswa.

 

b.          Candidate is school-age appropriate.

Umur calon siswa sesuai dengan tingkatan levelnya.

 

c.      Candidate selection is based on the “First Come First Served” applicants in our Registration Log.

Seleksi calon siswa berdasarkan pada  “First Come First Served” pemohon dalam Log Pendaftaran kami.

 

d.      Payment confirmation of registration fee should be received by School Finance/ Admin. Fee cost Rp. 300.000 and non-refundable for any circumstances.

Konfirmasi pembayaran biaya pendaftaran harus sudah diterima oleh bagian keuangan/admin. Biaya Rp 300.000 dan tidak dapat dikembalikan untuk kondisi apapun.

 

e.      A member of school administration will contact the parents by phone to arrange observation/initial assessment and interview date with both parents and candidate/s.

Staf administasi akan menghubungi orangtua melalui telepon untuk mengatur waktu observasi/ penilaian awal dan wawancara orangtua dan calon siswa.

 

f.       Candidates have fulfilled all the administrative requirements

Kandidat telah memenuhi semua persyaratan administrasi

 

 

SPECIFIC REQUIREMENTS |Persyaratan Khusus

Primary Years Programme (PYP)

PRE KINDERGARTEN |Pra Sekolah

 

a.          Registration will be closed when full capacity has been reached 15 students per class

Pendaftaran akan ditutup saat kapasitas telah mencapai 15 siswa per kelas.

b.      Candidates will be considered as accepted if they met the School Assessment Criteria of the Observation in area of Self Management, Social Communication, Gross Motor, Fine Motor, and Simple Cognitive

Calon siswa akan diterima jika lulus observasi dengan memenuhi kriteria sekolah antara lain di bidang Manajemen Diri, Komunikasi Sosial, Motorik Kasar, Motorik Halus, dan Kognitif Sederhana

 

K1 and K2  |Taman Kanak-kanak 1 dan 2

a.      Registration will be closed when full capacity has been reached 23 students per class

Pendaftaran akan ditutup saat kapasitas telah mencapai 23  siswa per kelas.

 

b.      Candidates will be considered as accepted if they met the School Assessment Criteria of the Observation in area of Self Management, Social Communication, Gross Motor, Fine Motor, and Simple Cognitive

Calon siswa akan diterima jika lulus observasi dengan memenuhi kriteria sekolah antara lain di bidang Manajemen Diri, Komunikasi Sosial, Motorik Kasar, Motorik Halus, dan Kognitif Sederhana

 

 

 Grade 1 – Grade 5

a.   Registration will be closed when full capacity has been reached 24 students per class

Pendaftaran akan ditutup saat kapasitas telah mencapai 24 siswa per kelas.

 

b.   Candidates must have school reports that indicate they can progress well and with confidence in curriculum.

Calon siswa harus memiliki laporan hasil belajar yang menunjukan perkembangan yang baik dan percaya diri dengan kurikulum.

 

c.   Candidates will be considered as accepted if they met the School Assessment Criteria of the Observation in area of Social skills, Gross and Fine Motor skills, Language and Communication skills (Bahasa and English), Creativity, Affective (effort and behavior), Cognitive, and Islam

Calon siswa akan diterima jika mereka lulus observasi dengan memenuhi kriteria sekolah antara lain  di bidang Keterampilan Sosial, keterampilan motorik kasar dan halus, Bahasa dan Keterampilan berkomunikasi (Bahasa dan Inggris), Kreativitas, Afektif (usaha dan perilaku), Kognitif, dan pengetahuan di bidang Agama Islam.

 

Middle Years Programme (MYP)

Grade 6 – Grade 10

a.   Registration will be closed when full capacity has been reached 24 students per class.

Pendaftaran akan ditutup saat kapasitas telah mencapai 24 siswa per kelas.

 

b.   Candidates must have school reports that indicate they can progress well and with confidence in curriculum.

Calon siswa harus memiliki laporan hasil belajar yang menunjukan perkembangan yang baik dan percaya diri dengan kurikulum.

 

c.   Candidates will be considered as accepted if they met the School Assessment Criteria of the Initial Assessments in Islamic, Mathematics, Science, Bahasa Indonesia, and English.

Calon siswa akan diterima jika mereka lulus penilaian awal yang diujikan secara lisan maupun tertulis pada mata pelajaran Agama Islam, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.

 

d.   Candidates, regardless of background, must take additional English and Bahasa Indonesia proficiency test (in reading, writing and speaking) that allows them to thrive in the language program and the curriculum at general.

Calon siswa, terlepas dari latar belakangnya, wajib mengikuti tes kemampuan Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia (membaca, menulis dan berbicara) yang memungkinkan mereka untuk berkembang dalam program bahasa dan kurikulum secara umum.

 

e.   Candidates required to have additional interviews in English dan Bahasa Indonesia after the initial assessments

Calon siswa wajib mengikuti wawancara tambahan dalam bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia setelah penilaian awal

 

f.    Candidates required to take Psychological assessments (in Grade 9)

Calon siswa wajib mengikuti tes psikologi di kelas 9

 

 

 

High School (HS)

Grade 11 – 12

a.   Registration will be closed when full capacity has been reached 24 students per class.

Pendaftaran akan ditutup saat kapasitas telah mencapai 24 siswa per kelas.

 

b.   Candidates must have school reports that indicate they can progress well and with confidence in curriculum.

Calon siswa harus memiliki laporan hasil belajar yang menunjukan perkembangan yang baik dan percaya diri dengan kurikulum.

 

c.   Candidates will be considered as accepted if they met the School Assessment Criteria of the Initial Assessments in Islamic, Mathematics, Science, Bahasa Indonesia, and English.

Calon siswa akan diterima jika mereka lulus penilaian awal yang diujikan secara lisan maupun tertulis pada mata pelajaran Agama Islam, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.

 

d.   Candidates, regardless of background, must take additional English and Bahasa Indonesia proficiency test (in reading, writing and speaking) that allows them to thrive in the language program and the curriculum at general.

Calon siswa, terlepas dari latar belakangnya, wajib mengikuti tes kemampuan Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia (membaca, menulis dan berbicara) yang memungkinkan mereka untuk berkembang dalam program bahasa dan kurikulum secara umum.

 

e.   Candidates required having additional interviews in English dan Bahasa Indonesia after the initial assessments

Calon siswa wajib mengikuti wawancara tambahan dalam bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia setelah penilaian awal

 

f.    Candidates required to take Psychological assessments

Calon siswa wajib mengikuti tes psikologi

 

REQUIRED DOCUMENTS |Dokumen yang harus disertakan

a.     Completed Registration Form, signed by parents/guardian

Mengisi dan melengkapi Formulir Pendaftaran yang ditandatangani oleh orangtua/wali

 

b.     2 (two) recent colored photographs, size 3 x 4 cm and 2 x 3 cm

Masing-masing 2 (dua) lembar pas foto (calon siswa) warna terbaru, ukuran 3 x 4 cm dan 2 x 3 cm

 

c.     1 (one) recent colored photographs of Parents (Mother and Father), Nanny, and Pickup person size 3 x 4 cm

1 (satu) lembar pas foto warna terbaru orangtua (Ayah dan Ibu), pengasuh, dan penjemput ukuran 3 x 4 cm

 

d.     1 (one) copies of | satu lembar foto copy

-  Candidate’s Birth Certificate | Akte Kelahiran

-  Family Card (with candidate’s name). Please bring the original Family Card to be shown to Administration Staff | Kartu Keluarga. Kartu Keluarga asli dibawa untuk ditunjukkan pada pihak administrasi sekolah.

 

e.     1 (one) copy of the candidate’s Report Card, Ijazah & SKHUN from previous level of education and legalized by the School Principal

1 (satu) lembar foto copy raport, Ijazah & SKHUN yang telah dilegalisir dari sekolah asal

 

f.      Transfer students, enclosed additional documents

Siswa Pindahan, menyertakan dokumen tambahan berupa

-  Transfer Letter signed be the Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

          Surat Keterangan Pindah yang ditandatangani oleh pejabat DIKNAS

 

g.     If enrolling from overseas/International School

Jika mutasi dari luar negeri/Sekolah Internasional

-  Notification Letter of Equivalence, which has been legalized by Departemen Pendidikan Menengah Umum (Dikmenum)

Surat Penyetaraan Ijazah yang sudah dilegalisasi oleh Dikmenum

 

UPON ACCEPTED |Pada saat diterima, siswa akan mendapatkan

a.   The acceptance letter will be informed to parents via email. The parents are to make the fee payments to the Accounting Department within agreed dates.

Surat Penerimaan akan diinformasikan kepada orangtua melalui email. Orangtua segera melakukan pembayaran ke Bagian Keuangan sesuai dengan tanggal yang dicantumkan.

 

b.   Agreement Letter for School Fees Payment, signed by parents.

Surat Pernyataan Biaya Administrasi Sekolah yang ditandatangani oleh orangtua siswa

 

c.   Agreement Letter for School Regulations, signed by parents.

Surat Pernyataan mengenai Tata Tertib Sekolah yang ditandatangani oleh orangtua siswa dan calon siswa

 

d.   Other Fees and payments to be determined later and be reviewed annually.

Biaya dan pembayaran lainnya akan ditentukan kemudian dan ditinjau setiap tahun.

 

e.   All the payments that have been made are non-refundable, cannot be transferred to other candidates, and cannot be claimed for any other reasons and circumstances.

Semua pembayaran yang telah dilakukan tidak dapat dikembalikan, tidak dapat ditransfer ke kandidat lainnya dan tidak dapat di klaim untuk alasan-alasan lain maupun keadaan.

 

SCHOOL INITIAL ASSESSMENT CRITERIA

The candidate’s will be considered as accepted by meeting the following minimum scores:

 

Islamic

70 out of 100

Mathematics

65 out of 100

Science

65 out of 100

Bahasa Indonesia

(Total proficiency score of reading, writing, speaking)

70 out of 100

English

(Total proficiency score of reading, writing, speaking)

75 out of 100

 

 

 

 

 

 

 

Ayo cek apakah anak kita sudah siap untuk ikut pra-sekolah?

 

NO

FISIK DAN GERAK

SOSIAL DAN EMOSI

BAHASA DAN BERPIKIR

1

Memiliki keseimbangan yang baik!

Mampu berjalan, berlari, membungkuk dan melompat tanpa jatuh. Bisa meraih, melempar, duduk dan turun dari kursi serta naik turun tangga secara mandiri.

Percaya diri untuk berpisah dengan orangtua maupun pengasuhnya dan tetap merasa nyaman di lingkungan baru.

Dapat menyebutkan namanya sendiri, nama orangtua dan tempat tinggalnya.

2

 Sudah cukup mandiri seperti, mampu membawa tas, melepas dan memakai kaos kaki dan sepatu sendiri, membuka dan menutup kembali kotak bekalnya.

Dapat mengikuti instruksi sederhana seperti tunggu dan antri.

Sudah mengenal warna dan mampu menyebut sedikitnya empat warna yang berbeda.

3

Sudah terbiasa menggunakan kamar kecil dan paham kapan saatnya ingin buang air kecil maupun besar.

Bisa mencuci tangan sendiri.

Sudah bisa mengendalikan emosi.

Mampu mengendalikan diri untuk tidak menangis dan mengamuk.

Mampu mengulang sebagian dari sebuah cerita yang dia dengar dari orang lain.

4

Sudah bisa memegang gunting dan sudah bisa menggunting kertas walau belum sempurna.

Dapat membangun pertemanan dan mampu membaca ekspresi wajah orang lain.

Mampu berbicara dalam kalimat yang dipahami orang lain.

Dapat mengucapkan kalimat berisi lima kata secara tepat.

5

Mampu mengenakan pakaian dengan sedikit bantuan.

Mampu menjawab pertanyaan lebih dari sekedar "ya" dan "tidak".

Memahami konsep waktu seperti pagi, siang dan malam.

6

Bisa menggunakan sendok dan gelas sendiri.

Tidak selalu merengek bila keinginannya tidak segera dipenuhi.

Dapat berimajinasi tentang sebuah benda tanpa kehadiran benda tersebut.

7

Mampu duduk diam 10 menit.

Dapat dihibur atau ditenangkan oleh orang dewasa ketika dia merasa sedih.

Mampu menyampaikan keinginannya kepada guru atau sesama teman dengan baik.

8

Mampu memegang alat tulis dan bisa menggunakannya untuk membuat garis vertikal, horizontal, melingkar serta meniru bentuk huruf atau gambar.

Paham tentang kepemilikan atas barangnya sendiri dan sudah meminta izin jika ingin meminjam barang milik orang lain.

9

Mulai mampu memahami dan menanggapi pembicaraan orang lain.

 

10

Paham konsep kerjasama, berbagi dan bisa bermain bergantian dengan teman-temannya.

 

 

Disarikan dari berbagai sumber